5 Tips Mudah Agar Flashdisk Tak Gampang Rusak

Aneka Varian Flashdisk kulit

Flashdisk meruapakan media penyimpanan paling murah dan paling populer penggunaannya selain kartu memori (microSD). Hal ini dikarenakan bentuknya yang lebih ringkas jika dibandingkan media penyimpanan lain seperti Hard Disk ataupun keping cakram CD dan DVD.

Di samping itu, harga flashdisk terbilang cukup murah. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, penggunaan flashdisk menjadi sangat lazim digunakan. Bahkan di terassouvenir.com pun, produk flashdisk custom adalah yang paling populer dipesan customer.

Silakan lihat katalog produk untuk lebih jelas 🙂

Nah, terlepas dari penggunaaannya yang jamak dan harganya yang murah, ternyata flashdisk tidak serta merta aman dari kerusakan. Meskipun memang jika dibandingkan dengan keping CD yang mudah gores, USB Flashdisk jauh lebih aman dari goresan.

Flashdisk: Media Penyimpanan Favorit Pengguna Komputer
Flashdisk: Media Penyimpanan Favorit Pengguna Komputer

Kerusakan umum yang terjadi pada media penyimapanan flashdisk adalah data yang tiba-tiba corrupt dan susah dibaca, serta terinfeksi virus komputer, atau bahkan rusak sama sekali tidak bisa terdeteksi komputer.

Sebelum kerusakan flashdisk terjadi, melakukan pencegahan tentu lebih baik.

Padahal melakukan “safe remove flashdisk” atau juga dikenal dengan “eject” sangat penting untuk memproteksi flashdisk dari kemungkinan data hilang

Tips Merawat Flashdisk Agar Awet

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa digunakan untuk meminimalisir kerusakan pada flashdisk.

Souvenir Flashdisk Card BPJS
Souvenir Flashdisk Card BPJS

1. Selalu “Safe Remove” atau “Eject” sebelum mencabut dari komputer / laptop

Kesalahan yang menjadi kebiasaan umum pengguna komputer adalah mencabut flashdisk dari laptop atau komputer secara langsung tanpa melalukan “safe remove device” dari komputer. Padahal melakukan “safe remove flashdisk” atau juga dikenal dengan “eject” sangat penting untuk memproteksi flashdisk dari kemungkinan data hilang.

Hal ini dikarenakan saat flashdisk dicabut tanpa di “eject” terlebih dahulu, maka ketika komputer masih melakukan penulisan atau penyimpanan data, bisa langsung terputus seketika. Selain potensi data hilang tidak tersimpan, file yang sudah tersimpan pun bisa jadi corrupt dan tidak bisa dibuka di kemudian hari.

Maka dari itu, safely remove flashdisk adalah wajib.

2. Tutup Flashdisk Ketika Tidak Digunakan

Debu yang menempel pada pin-pin flashdisk yang disebabkan flashdisk tidak ditutup, bisa saja mengandung listrik statis. Listrik statis dapat merusak sebagian sistem elektronik yang ada di dalam flashdisk atau bahkan keseluruhan fungsinya.

Selain itu, debu yang menempel bisa mengakibatkan pin pada ujung-ujung flashdisk menjadi berkurang kualitas penghantaran listriknya.

3. Jauhkan dari Air

Kita ketahui bersama, flashdisk bekerja berdasarkan sistem elektronik. Oleh karena itu, hindari terkena air apalagi terendam atau tercebur ke dalam air.

Jika sudah terlanjur terjadi, keringkan flashdisk sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Bila perlu buka bagian dalamnya untuk memastikan tidak ada air yang tertinggal di sela-sela rangkaian elektronik flashdisk.

4. Hindarkan dari Tempat Panas

Jika flashdisk terpapar panas terus menerus, dapat berakibat pada kualitas flashdisk yang menurun. Atau bahkan kerusakan total.

5. Rutin Back Up Data

Flashdisk didesain sebagai media penyimpanan “perantara”. Oleh karena itu jangan jadikan flashdisk sebagai media penyimpanan utama.

Nah, demikianlah informasi tips-tips perawatan flashdisk yang dapat membantu memperpanjang usia pakai media penyimpanan USB tersebut.

Jika anda membeli flashdisk custom dari teras souvenir, baik itu flashdisk kartu, flashdisk kayu, flashdisk metal, atau tipe lainnya, maka jangan lupa tanyakan kepada marketing kami tentang tips-tips khusus untuk perawatan flashdisk dengan desain khusus tersebut.

Semoga bermanfaat.